e shtunë, 16 qershor 2007

Permainan Detektif : Pegawai Baru


Siapakah Pelakunya ??

Untuk mengungkap misteri dibawah ini, telitilah semua cerita dibawah dan gunakan daya nalar anda dengan semua informasi yang ada dari teks di bawah. Pandanglah kasus ini, dari cara pandang gue (yang nulis) cerita kasus ini. Tulis jawaban and beserta alasannya. oke...

Pegawai Baru

Tuan Henry Madly adalah seorang pengusaha yang sukses dalam bisnisnya. Tapi sayangnya, usaha yang dijalani adalah usaha yang ilegal dan kotor. Dengan kelihaiannya dia bisa mengelabui pihak berwajib dan menipu petugas pajak. Tak jarang banyak orang yang telah disuapnya untuk kelancaran usahanya. Bahkan, dia tak segan-segan untuk membunuh bagi siapa saja yang berusaha menghalangi.
Suatu hari, tuan Henry bermimpi, bahwasanya akan datang nanti seseorang yang akan menghancurkan bisnisnya dan perusahaannya. Dalam mimpi tersebut, terlihat bahwa orang yang akan menghancurkan usahanya adalah orang yang baru bekerja pada dirinya. Karena Tuan Henry adalah orang yang percaya dengan mimpinya, maka hatinya mulai gelisan. Karena kebetulan pada saat itu memang ada 3 orang baru yang bekerja pada dirinya. Mereka adalah ;

1. Denni Firdaus, 31 tahun. Bekerja sebagai kepala pelayan di keluarga Tuan Henry. Diketahui ternyata dia adalah anak dari salah seorang buruh gudang yang pernah disuap oleh Tuan Henry dalam kasus pajak . Tapi justru ayahnya sendiri yang masuk dipenjara.
2. Sandra Margareth., 25 tahun. Bekerja sebagai sekretaris pribadi Tuan Henry. Wanita yang gugup dan sering dimarahi oleh Tuan Henry karena kerjanya terkesan ceroboh. Ternyata dulunya adalah bekas istri simpanan saingan bisnis Tuan Henry.
3. Suherman, 45 tahun. Sebagai supir pribadi Tuan Henry. Punya keluarga yang ekonominya pas-pasan dan hidup dari hasilnya bekerja sebagai supir. Merasa terhina denga tuan Henry madli karena anak perempuannya pernah dijual ke seorang Germo.

Karena merasa khawatir dengan ketiga orang tersebut, akhirnya Tuan Henry menyewa seorang detektif pribadi bernama Tony Yahya.
Tony Yahya adalah seorang mantan reserse kriminal kepolisian yang beralih profesi menjadi seorang detektif. Ia sangat terkenal dan sudah sering membantu pihak kepolisian dan bea cukai dalam mengungkapkan berbagai macam kasus. Mulai dari pembunuhan berantai sampai kasus yang korupsi yang berhubungan dengan pejabat tinggi. Berkat kelihaiannya menyelidiki sebuah kasus, dia memilik banyak akses di berbagai pihak untuk membantu penyelidikannya.
Berkat semua prestasi dari detektif Tony Yahya, akhirnya Tuan Henry meminta jasanya untuk menyelidiki kasus ini dan membuktikan orang yang mana akan menghancurkan bisnisnya.

Buat kalian yang membaca, pertanyaan dari kasus diatas adalah “ siapakah orang yang akan menghancurkan bisnis Tuan Henry dan apa alasannya”?
NB: Untuk mengungkap misteri di atas ini, telitilah semua cerita di atas dan gunakan daya nalar anda dengan semua informasi yang ada dari teks tersebut. Pandanglah kasus ini, dari cari pandang sang penulis cerita kasus ini. Tulis jawaban and beserta alasannya. oke...

2 komente:

coretaneLa91 tha...

yg bisa menghancurkan bisnis ama perusahaannya pastinya tony yahya, karena eh karena.....
a)si tony ntu belum lama bekerja kepade si pa' henry, dia jg (bisa dibilang baru bekerja...tul..gak...!)
b)tony terkenal dgn kehebatany yaitu...mangungkap berbagai kasus pembunuhan berantai sampai
kasus yang korupsi yang berhubungan
dengan pejabat tinggi....yah...itu sih...kejahatannya si henry semua atuh...!!!!(bisa jadi dia tuh ngincer pa' henry dr jaman baheula dulu...)

ditambah dia jg sudah sering membantu pihak
kepolisian dan bea cukai....ya..udah...palingan..si tony ngasih tau ke pihak kepolisian...tersangka kasus yg sudah lama diincer ntu..tak lain dan tak bukan tuan henry...bisnisnya akhirnya ditutup...perusahaannya disita....yah..begitulah kira2

coretaneLa91 tha...

benar..kan???????